Kamis, 12 Agustus 2010

Kapal Pengangkut Tercepat Angkatan Darat


Upacara perletakan lunas secara simbolis diadakan bulan lalu di galangan Austal di Mobile, Ala untuk Spearhead kapal pengangkut AD AS, yang merupakan kapal pertama dari armada 10 kapal pengangkut berkecepatan tinggi yang akan digunakan oleh AD dan AL. Joint High Speed Vessels (JHSV) adalah produksi dari program departemen pertahanan AS untuk mengembangkan sebuah armada transportasi multifungsi generasi mendatang.

AD akan menerima pengiriman kapal ini JHSV 1, tahun depan, AL akan menerima JHSV 2-nya yang pertama, USNS Vigilant pada tahun 2013. Setiap kapal akan mampu membawa kargo 800 ton dan 300 serdadu dengan kecepatan 35 knot (65 km perjam).

Kapal ini mampu dioperasikan di perairan dangkal, kapal ini mempunyai pelandai pengangkut yang memungkinkan kendaraan-kendaraan masuk dan keluar dengan cepat dan landasan terbang untuk operasi helikopter. Kapal ini bisa mengangkut kendaraan yang masing-masing seberat 70 ton, termasuk Tank Abram M1A2. Biaya yang dikeluarkan untuk seluruh armada ini akan sekitar $1,6 milyar (sekitar Rp 14,5 trilyun dengan kurs $1=Rp 9060).

"Joint High Speed Vessel memberikan komandan tempur fleksibilitas untuk bermanuver dalam berbagai misi, termasuk operasi darurat di luar negeri, bantuan kemanusiaan, korban bencana alam, operasi-operasi khusus dan menjadi markas darurat dalam lingkungan pangkalan yang keras," ujar Brigjen AD Brian R. Layer pada upacara perletakan lunas. Perletakan lunas hanya sebuah simbolis karena kapal-kapal modern dibangun dalam modul-modul yang dikaitkan satu sama lain.



View Source: TechNewsDaily

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar